Sherlock Holmes

5204162edf96312548d7f762e5bf0077.jpgSherlock Holmes merupakan tokoh detektif fiksi ciptaan Sir Arthur Conan Doyle, seorang pengarang dan dokter berkebangsaan Skotlandia. Ia pertama kali muncul pada tahun 1887, menjadi tokoh dalam empat novel dan 56 cerita pendek. Ia juga telah banyak diadaptasi ke dalam film layar lebar dan serial.

Holmes yang menyebut dirinya sebagai seorang detektif konsultan ini dikenal akan ketajaman penalaran logis, kemampuan menyamar, dan keterampilannya dalam menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan berbagai kasus.

Yang paling menarik menurut saya dari Sherlock Holmes adalah kemampuan deduksinya (Deduksi adalah penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum atau penemuan yang khusus dari yang umum) yang luar biasa.

doyle_arthur_conan_paget_sidney_illustrator_original_gouache_and_water_d5809056h.jpgDalam metode deteksi, ia melakukan pemisahan antara fakta yang penting dan yang cuma kebetulan saja, lalu membuat teori berdasarkan fakta yang tersisa. Jika terdapat fakta baru yang bertentangan dengan teorinya, ia akan membuat ulang teori berdasarkan fakta baru tersebut. Dia juga mengumpulkan data-data tentang peristiwa pembunuhan dimasa lampau berupa kliping-kliping Koran berita kriminal karena Holmes berpendapat bahwa semua kasus pernah dilakukan dan akan dilakukan lagi. Dalam memecahkan kasus ia seringkali ditemani oleh dr.Watson. Holmes berbagi kamar dan pengalaman dengan sahabat (dr.Watson) sekaligus penulis kisah petualangannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s